Sunday, September 14, 2014

Cara, Bacaan Doa, keutamaan Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud merupakan salah satu amalan sunnah yang paling mulia dalam agama Islam. Meskipun tergolong dalam amalan sunah, namun shalat tahajjud ini memiliki banyak keistimewaan bagi yang melakukannya, Seperti yang Allah katakan dalam al-Quran: “Pada sebagian malam, laksanakanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat terpuji”. QS. Al-Isra’:79.

Berbicaa mengenai shalat malam ini, izinkanlah saya untuk sedikit menuliskan mengenai Cara, Bacaan Doa, keutamaan Shalat Tahajjud, dengan maksud dan tujuan bukanuntku menggurui, melainkan sebagai pembelajaran saya, dan semoga saja dapat memberikan manfaat untk ita semua. Amiin,,

Berikut ini coretan binder hijau rangkum tentang shalat tahajjud menjadi tiga bagian.

1. Keutamaan
2. Tata Cara dan Bacaan  Doa

Keutamaan Shalat Tahajjud

apa saja keutamaan shalat tahajjud, kenapa shalat ini mejadi salah satu yang teristimewa untuk di kerjakan oleh umat Islam. Jawabanya ada di salah satu hadits nabi Muhammad SAW yang artinya : 

Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat”.

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah:
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dai segala macam bahaya
2. Tanda ketaatanya akan tampak kelihatan dimukanya
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah
5. Akan dijadikan orang bijaksana,yakni dberi pemahaman dalam agama

Sedangkan yang empat keutamaan di akhirat yaitu:
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di hari pembalasan nanti
2. Akan mendapatkan keringanan ketika di hisab
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirathal Mustaqim bisa melakukanya dengan sagat cepat seperti halilintar yang menyambar
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan

Tata Cara Shalat Tahajjud

Setelah mengetahui keutmann shalat tahajjud, maka tibalah kni kta untuk mncoba mengamalkanna disetiap malam. Dan akan lebih bagus lagi jika melakukan shalat tengah malam ini dengan dibekali pengetahuan tata caranya. Karena sebuah amal akan jauh berati bila didasri oleh ilmu, yang artinya ilmu dulu baru amal :)

tahajjud adalah shalat sunnah yang dapat dikerjakan dimalam hari setelah tidur, walaupun tidur tersebut hanya sebentar. Dan inilah yang membedakannya dengan shalat malam hari lainnya.

Mengenai bilangan  rakaat Shalat Tahajjud, sekurang-kurangnya adalah dua rakaat dan paling banyaknya adalah 12 rakaat. Sedang mengenai waktu pelaksanaan Shalat Tahajjud dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut.
  • 1/3 yang pertama dari sekitar pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB saat utama.
  • 1/3 yang kedua dari sekitar pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB saat lebih utama.
  • 1/3 yang ketiga dari sekitar pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB saat paling utama.
Adapun cara pelaksanaan shalat tahajjud yang baik dalam rakaatnya adalah 2 rakaat di ahiri dengan satu salam. Seperti yang rasulullah katakan :

عن ابن عمر رضي الله عنهما أنه قال: قام رجل فقال يا رسول الله كيف صلاة الليل، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صلاةُ اللَيل مَثْنَى مثنى - 
Artinya: Seorang laki-laki berdiri (di depan Nabi) dan bertanya, 'Wahai Nabi, bagaimana cara shalat malam?' Nabi menjawab, 'Sholat malam itu dua (rakaat) dua (rakaat).' (HR. Muslim)

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. Sedangkan pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. Kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.

1. Niat Sholat Tahajud :
 أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
Latin : Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa
Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah

2. Doa Dalam Shalat Tahajjud :

Diwaktu melakukan shalat Tahajjud atau sesudahnya, sebaiknya doa yang dibaca adalah ayat-ayat Al-Qur’an seperti :

Doa


Ya Allah Tuhan kami, berilak kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka

Apabila Rasulullah SAW selesai mengerjakan shalat Tahajjud, lalu berdoa seperti berikut :

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya :
“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang.Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembahkecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Dan juga perbanyak istighfar sesudah shalat tahajjud.

Demikianlah Cara, Bacaan Doa, keutamaan Shalat Tahajjud, semoga bermanfaat :)

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon