Monday, September 22, 2014

5 Lokasi Wisata Favorit di Riau Pekanbaru

Tags

5 Lokasi Wisata Favorit di Riau - Asiknya berwisata, merupakan kegiatan yang sering kita lakukan ketika weekend atau musim libur tiba, baik hanya untuk sekedar menenangkan pikiran kala 1 pekan penuh dihadapkan oleh aktifitas sehari-hari atau hanya untuk mencari hiburan bersama sanak family kita, yang intinya wisata atau liburan merupakan hal yang sangat asik atau kegiatan mengunjungi lokasi-lokasi yang indah dan menarik.

Namun sayangnya, berwisata akan terasa membosankan meskipun sudah menunjungi tempat wisata yang menarik bila kita mengunjunginya terus menerus. Adakalnya kita juga harus mengunjungi lokasi wisata yang baru untuk mendapatkan sesuatu yang baru agar tidak bosan. Toh! Indonesia luas bukan?. 

Indonesia membentang dari sabang hingga marauke, disitu diisi dengan daratan dan lautan yang memiliki keindahan yang mengagumkan. Diantarnya yaitu berada di Riau. Meski belum sepopuler tempat wisata lainnya di Indonesia, seperti Bali dan Bandung. Namun ternyata Riau juga memiliki lokasi wisata yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Yuk! kita sapa Tempat Wisata Riau Faforit yang wajib untuk dikunjungi:

1. Air terjun Tujuh Tingkat

Lokasi wisata alam yang pertama yang menarik di Riau adalah Air Terjun 7 tingkat, letaknya di Kecamatan Kuantan Mudik, jika anda pergi ke lokasi lokasi wisata air terjun tujuh tingkat ini maka akan menempuh waktu sekitar setengah 30 menit dari pusat kota Taluk Kuantan. Meskipun sedikit memakan waktu untuk ke lokasi wisata indah di Riau ini, tapi Anda tidak akan merasa dikecewakan karena lokasi ini memiliki nuansa alam yang sangat original dan menarik, apalagi jika anda pergi ke lokasi tersebut bersama keluarga atau sanak family Anda. Sangat disayangkan sekali jika Anda sudah berada di kota Kuantan tapi tak menyempatkan diri untuk berkunjung ke air terjun tujuh tingkat ini.

2. Paju Jalur

Selain lokasi wisata di Riau ada sebuah budaya yang paling sering dan difavoritkan oleh warga Riau sehingga bisa dikatakan wisata budaya, khususnya warga Kuantan. Karena budaya pacu jalur ini berada di sebuah kota di Riau yakni Kuantan. Hampir setiap tahunnya Kab.Kuansing selalu dipenuhi oleh banyak orang hanya untuk menyaksikan budaya pacu jalur yang diadakan setiap satu tahun sekali. Pacu jalur itu sendiri merupakan sebuah perlombaan perahu yang mana setiap perahu di isi sekitar 40 orang lebih untuk berpacu dengan perserta lain. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi dan melihat budaya unik seta satu-satunya di dunia, maka ada baiknya Anda datang ke Kuantan pada saat pertengahan tahun tepatnya Antara bulan Juli dan Agustus setiap tahunnya.

3. Pulau Jemur

Kemudian wisata menarik lainnya adalah pulau jemur, pulau jemur merupakan nama sebuah lokasi atau tepatnya sebuah lautan yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pulau jemur itu sendiri terletak di lebih kurang 45 mil dari ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari negara tetangga yakni Malaysia, sedangkan provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau ini sering dijadikan lokasi persinggahan para nelayan karena pulau jemur memiliki laut yang tenang, para nelayan beristirahat di pulau jemur biasanya karena di lautan sekitar pulau jemur sedang ada bagai atau obak pasang, maka setelah badai dan ombak pasang surut para nelayan akan melanjutkan kembali aktifitas nya ke laut lepas. Pulau jemur memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, pasir pantai di laut jemur ini sering digunakan oleh binatang penyu untuk menyimpan telur mereka, selain itu hasil alam dari pulau jemur ini juga sangat kaya dan memiliki beragam hayati yang hidup disana. Sangat disangkan jika Anda berada di darah Rokan Hilir namun tidak menyempatkan diri untuk menyaksikan keindahan alam dari pulau jemur ini.

4. Wisata Bono

Bono merupakan sebuah fenomena kejadian dimana air laut pasang masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga menghasilkan ombak dan gugusan air yang besar dan menciptakan suara gemuruh gelombang air tersebut. Bono sendiri terletak di Desa Teluk Meranti, sepanjang Sungai Kampar dan Sungai Rokan. Bukan hanya dikunjungi oleh warga Indonesia saja, malinkan wisata bono banyak sekali dikunjungi oleh turis mancanegara yang menikmati keindahan ombak serta keindahan panorama alam di wilayah tersebut, dengan melakukan surving, karena sungai bono ini adalah sau-satunya sungai di Indonesia yang memiliki ombak tinggi, yaitu sekitar 4-6 meter, Berani coba adrenaline Anda dengan ombak sungai Bono ini ?.

5. Danau Pulau Besar

Lokasi wisata menarik selanjutnya adalah Danu Pulau Besar, Danau Pulau Besar ini terletak Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak. Danau tersebut memiki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan sangat menarik dipandang mata, Danau yang luasnya 28.000 hektar ini memiliki banyak sekali satwa dan tumbuhan alam yang masih terbilang langka bahkan hampir punah. Danau ini menjadi danau yang dilindingi isi dari kekayaan hayati yang dimikinya. Tentu Anda akan sangat menyesal jika berada di daerah Siak namun tidak mengunjungi Danau Pulau Besar yang terkenal dengan panorama menakjubkannya itu.

Ternyata tanpa di duga sebelumnya daerah Riau juga banyak sekali memiliki lokasi wisata yang bisa Anda jadikan alternatif untuk bepergian dan mengunjungi lokasi-lokasi seperti di atas.

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon