Thursday, July 17, 2014

Cara Sehat Tanpa Msg (Monosodium Glutamat)

MSG adalah sebuah istilah kimiawi yang memiliki kepanjangan Monosodium Glutamat, yaitu jenis senyawa kimia berbentuk garam natrium. Asam glutamat inilah yang diyakini mampu mengeluarkan rasa gurih yang banyak disukai masyarakat. Di Indonesia MSG lebih dikenal dengan nama Vetsin, Mecin atau Pecin, sering difungsikan sebagai penyedap makanan atau penyedap rasa dalam dunia masak-memasak.

Nama lain dari MSG banyak sekali, seperti Mononatrium Glutamat. Ini sebenarnya sama saja dengan Monosodium Glutamat, karena Natrium dalam bahasa Inggris itu disebut Sodium. Beberapa nama lain dari Vetsin atau MSG, yaitu: Hydrolysed Protein (protein terhidrolisa), Hydrolysed Vegetable Protein (protein sayuran terhidrolisa), Sodium Caseinate, Autolysed Yeast (ekstrak ragi), tepung gandum terhidrolisa dan minyak jagung. Banyaknya perbedaan nama, jangan sampai membuat kita terkecoh, karena pada intinya juga sama, yaitu MSG, penyedap makanan yang berbahaya.

Lalu bagaimana caranya jika kita ingin masakan kita lezat namun tetap sehat tanpa ada bahan kimiawi MSG? sebab, biasanya masakan tanpa menggunakan MSG akan terasa hambar. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat makanan tetap leza tanpa MSG dan dibawah ini adalah beberapa caranya:

1. Mengganti Vetsin dengan campuran gula dan garam secukupnya

2. Menambahkan irisan udang atau cumi-cumi untuk masakan tumis atau oseng-oseng. Untuk masakan berkuah, bisa ditambahkan kaldu ayam aau sapi murni, jangan lupa takaran garam dan gulanya juga harus pas. Untuk masakan yang menggunakan santan,jangan lupa beri campuran gula merah.

3. Menambahkan bawang putih lebih banyak. Selain menyedapkan, bawang putih juga merupakan anti kanker.

4. Membuat Aji-Shio, yaitu MSG 10% yang aman di konsumsi. Cara membuat MSG 10% sangat mudah sekali. Ambil 100 gram MSG atau Vetsin 100% ditambahkan pada 900 gram bubuk garam dapur yang halus. Sebelum dicampurkan, sebaiknya garam halus tadi disangrai (digoreng tanpa minyak) dulu agar betul-betul kering. Setelah kering, dibiarkan sebentar agar sedikit dingin. Nah, setelah iu campurkan dengan 100 gram MSG 100% tadi dan aduk-aduk sampai merata. Masukan dalam wadah yang bersih dan kering. Sekarang kita sudah punya Aji-Shio sendiri. Jadi, nanti kalau masak tidak perlu pakai garam dan MSG lagi, cukup gunakan Aji-Shio saja.

Mengapa menggunakan Aji-Shio lebih aman, padahal masih sama saja mengandung MSG di dalamnya? Alasannya adalah karena ketika sudah ada Aji-Shio, maka kita tidak lagi bisa menggunakan MSG atau Vetsin berlebihan dan sesuka hati. Sebab, garam yang dicampurkan dengan MSG 100% tadi menjadi alat pengerem (built in break) yang jitu dalam penggunaan MSG. kalau makanan yang dimasak sudah asin, maka kita tidak akan menambahkan lagi Aji-Shio atau MSG ke dalam masakan kita. jadi, secara tidak langsung, kita tidak akan bisa keracunan MSG atau Vetsin.

Bagaimana? Mudah bukan? Siapa bilang masakan lezat itu harus menggunakan Vetsin atau MSG? apalagi penggunaan MSG atau Vetsin tersebut berlebihan agar lebih gurih. Justru dengan adanya cara-cara diatas kita dapat menghemat uang untu biaya pengeluaran atau uang belanja dapur kita, sebab kita tidak lagi perlu membeli vetsin atau MSG dalam jumlah banyak untuk memasak. Selamat memasak!

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon