Thursday, September 5, 2013

Tips Menggunakan Jejaring Sosial Facebook Secara Bijak

Tips Facebook - Perkembangan yang telah terjadi kini membuat seluruh isi bumi khususnya manusia tak lepas dari Internet. ya, internet telah menjadi kebutuhan primer yang tak bisa terpisahkan lagi. Tua muda, pria wanita, di kota bahkan di desa sekalipun.

Di tahun 90-an internet telah ada. Dan 4 tahun belakangan ini internet mulai dan semakin digemari dengan munculnya social media / jejaring sosial. Dengan jejaring sosial seakan-akan membuat hal yang baru lebih seru dalam gaya hidup, terutama dalam berinteraksi atau berkomunikasi kepada orang terdekat dan berkenalan dengan orang yang belum dikenal sebelumnya.

Sosial Network pertama kali diperkenalkan adalah Friendster, kemudian disusul dengan duo jejaring sosial yang lebih kaya fitur, yaitu Faebook dan Twitter. Sejak inilah, kemudian orang-orang mulai menggemari dan mencari tahu bagaimana dan apa manfaat, menggunakan Internet.

Pada postingan kali ini, saya kan berbagi coretan tentang bagaimana sih menggunakan internet, terutama yang kan dibahas yaitu facebook secara bijak. Facebook sendiri merupakan jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckberg dan ini mungkin kita semua sudah mengetahuinya. Saat mendirikan facebook Mark Zuckberg masih kuliah dan terhitung muda, namun berkat karyanya tersebut, Facebook telah mampu memberikan warna baru bagi peradaban kehidupan manusia. Karenanya, seharusnya ngan adanya FB ini membuat hidup dan kehidupan manusia menjadi lebih baik, bukan sebaliknya.

Apa saja tips Menggunakan Jejaring Sosial Facebook Secara Bijak itu ?, berikut ulasannya :)

Tips Menggunakan Jejaring Sosial Facebook Secara Bijak

Tips bijak menggunakan Facebook

1. Jangan membuat info profil lengkap

Hitam putih di dunia memang kerap terjadi, tak terkcuali yang satu ini. Facebook sebagai sarana untuk berbagi dan berhubungan sosial di dunia maya. Dari sini banyak yang mengaku menemukan orang – orang yang sekian lama dicarinya. Tetapi perlu diketahui bahwa banyak juga yang menggunakan kecanggihan teknologi untuk berbuat jahat.

Oleh karenanya itu alamat lengkap tak perlu dimasukkan di profil kita, karena ini justru bisa menjadi sumber kejahatan bagi diri kita. Cukup dengan masukkan informasi tempat sekolah saja untuk membantu menemukan teman – teman lama anda. Atau hanya memasukkan info kecil namun itu bisa mengidentifikasikan kalau itu adalah asli Anda.

2. Updatelah status yang berguna

Di facebook saat ini banyak digunakan orang – orang untuk mengupdate status tidak penting. Seperti contohnya “lagi sendiri di rumah”, mengupdate status seperti itu sama sekali tidak memberikan keuntungan kepada kita maupun orang lain. Jika terus – terusan mengupdate status tidak penting seperti itu, apalagi dalam tempo yang sering bisa membuat orang bosan melihatnya. Bahkan di Australia, karena keseringan men update status tak perlu, seperti "mau pergi ke blabla", ehh taunyaketika pulang rumahnya sudah di satroni oleh maling.  Masih mau update status tidak berguna ??

Akibat lain dari update status yang tak beruna adalah Bisa jadi orang – orang akan menjadikan anda daftar blacklist temannya, dan bisa jadi anda di hapus dari daftar teman, karena merasa status anda tidak berguna dan taklayak untuk dibaca. Lebih baik lagi bila anda mengupdate status yang berguna dan bermanfaat, sehingga tak segan – segan orang akan berlangganan setiap aktivitas anda.

3. Berteman dengan orang telah dikenal

Banyak teman, berarti terkenal, itulah motivasi yang dipikirkan para pengguna fb untuk menerima setiap orang yang ingin berteman dengannya di Facebook. Bisa jadi orang yang mengajak berteman itu sengaja ingin mencari data prbadi tentang anda untuk kepentingan tertentu.

Jadi bijaklah dalam memilih teman online di facebook, sebaiknya hanya mengkonfirmasi orang – orang yang telah diketahui identitasnya di dunia nyata.

4. Bergabung dengan group diskusi

Salah satu fasilitas yang baik dari Facebook adalah adanya group untuk berdiskusi. Manfaatkanlah social media untuk menimba ilmu dengan bergabung pada group – group yang dapat meningkatkan wawasan terhadap minat anda. Contoh untuk group diskusi Blogger yaitu : https://www.facebook.com/groups/dbpindonesia/

5. Tidak membuat toko online

Beberapa orang  mulai memanfaatkan jumlah teman yang banyak di facebook sebagai ladang untuk berjualan. Sehingga teman – temannya pun ditag foto tanpa ijin. Sejujurnya banyak sekali orang – orang yang mengganggu dengan hal tersebut. Untuk menghindari tag tak seizin Anda, anda bisa melakukan setting di bagian privacy.

Bagi anda yang ingin berjualan dan membuat toko online, sebaiknya menggunakan website atau blog. Pembeli juga dapat dijaring lebih banyak dan yang pasti menambah ke profesionalan toko online yang sedang Anda tekuni.


Demikian, ulasan tentang Menggunakan Jejaring Sosial Facebook Secara Bijak, semoga bemanfaat dan menambah wawasan ^_^

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon