Wednesday, July 30, 2014

CARA MENYEMBUHKAN MATA MINUS

Mata minus atau yang disebut myopia dalam istilah kedokteran adalah istilah untuk menyebutkan rabun jauh. Ini adalah keadaan dimana mata hanya mampu melihat dengan jelas benda dalam jarak yang dekat, sedangkan pandangan menjadi kabur ketika melihat benda dengan jarak yang jauh. Kata ‘myopia’ sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti menyipitkan mata. Alasannya tentu karena para penderita mata minus selalu menyipitkan mata untuk melihat objek yang jauh jaraknya agar terlihat lebih jelas.

Orang-orang yang hidup di kota ternyata lebih rentan terkena mata minus dibandingkan orang yang hidup di kawasan pedesaan. Hal ini disebabkan gaya hidup di kedua tempat tersebut berbeda. Orang-orang kota pada kenyataannya lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan melihat objek dalam jarak dekat terlalu sering dan jarang melihat objek dalam jarak yang jauh. Hal ini memicu kepekaan otot-otot pada mata. Sedangkan orang yang hidup di desar justru terbiasa melihat objek dalam jarak pandang yang jauh dan terbiasa melihat objek dalam jarak yang dekat, sehingga terjadi keseimbangan pada kepekaan otot mata.

Ada banyak cara untuk menyembuhkan mata minus, tergantung pada tingkatan parah atau tidaknya minus yang terjadi pada mata. Teknik pengobatan pun beragam sekali, dari mulai operasi kecil, besar, terapi herbal, mengkonsumsi obat, dan lain-lain. Dibawah ini juga adalah beberapa cara untuk menyembuhkan mata minus, berikut cara-caranya coretan binder hijau coba tuliskan :

1. Terapi daun sirih

Dalam farmalogi China atau dunia obat-obatan China, daun sirih memiliki sifat hangat dan pedas. Mereka banyak menggunakan daun sirih untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Sedangkan di India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatic dan antiseptic. Daun sirih sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mata minus. Caranya adalah minumlah air rebusan daun sirih secara teratur atau gunakan air daun sirih sebagai obat tetes mata.

2. Senam mata

Cara lain untuk menyembuhkan mata minus adalah dengan melakukan olah raga mata atau senam mata. Cara ini dilakukan untuk merangsang otot mata yang telah mengendur dan menjadikannya kembali menjadi cekung dengan baik serta tidak kaku. Cara senamnya adalah:
  • Pandangan lurus ke depan 
  • Tangan kanan berada disebelah kanan badan dan sejajar dengan leher 
  • Jari telunjuk mengacung keatas 
  • Arahkan pandangan anda untuk melihat jari tetap fokus ke depan sedangkan kepala anda menoleh ke arah kiri dan kanan 
  • Lakukan berulang-ulang memalingkan wajah anda ke kiri dan ke kanan secara perlahan tanpa kehilangan fokus pada jari anda dan pandangan mata tetap ke depan 
  • Tahan pandangan ketika merasa mata sudah mulai maksimal 
  • Ketika sudah mulai merasa lelah, bebaskan pandangan mata anda dengan melihat objek dengan jarak pandang yang jauh 
  • Usahakan melakukan senam ini setiap hari pada waktu pagi hari dan dilingkungan yang terdapat banyak pemandangan hijau, agar otot mata lebih cepat dan mudah terangsang 
Demikianlah cara menyembuhkan mata minus, semoga bermanfaat!

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon