Friday, June 27, 2014

Tips Menjadi Penulis Sukses

Tips Menjadi Penulis Sukses - Beberapa tahun yang lalu, profesi ‘Penulis’ sempat dianggap tidak dapat menjanjikan karena banyaknya buku-buku yang jeblok atau tidak laku dipasaran. Bahkan penerbit pun banyak yang kemudian gulung tikar atau hilang kemudian berganti. Banyak penerbit yang lebih melirik buku-buku terjemahan, karena dinilai lebih mudah mendatangkan keuntungan. Bukan hanya dari sisi copyright yang lebih murah ketimbang royalty bagi penulis, tapi juga karena buku terjemahan saat itu memang lebih memiliki daya dobrak pasar yang hebat, sebab dinilai lebih berkualitas ketimbang buku-buku dari penulis lokal.

Namun, belakangan ini, dunia perbukuan tanah air marak kembali dengan karya-karya anak negeri yang mendapat respon sangat bagus dipasaran, seperti: Ayat-ayat Cinta (Habiburrahman El Shirazy), Laskar Pelangi (Andrea Hirata), dan karya-karya lainnya yang kemudian mencapai angka penjualan sangat fantastis. Hal ini membuat karya-karya lokal kembali menjadi raja di negerinya sendiri. Tentu tembusnya angka penjualan yang fantastis tersebut mendatangkan royalty yang cukup mencengangkan, sehingga profesi penulis pun kemudian banyak dibicarakan orang.

Sekarang dunia menulis bisa menjadi peluang meraih kesuksesan bagi semua orang yang memiliki hobi menulis atau bercita-cita menjadi penulis. Mereka tidak perlu lagi merasa takut masa depannya suram karena memilih profesi menulis, sebab banyaknya peluang kesuksesan dalam dunia menulis saat ini telah mematahkan anggapan miring terhadap profesi ‘Penulis’ beberapa tahun kebelakang. Namun, menjadi seorang penulis bukan berarti hanya menulis saja, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika menjadi seorang penulis, ada juga strategi untuk menjadi seorang penulis, agar peluang kesuksesan itu menjadi hal yang tidak lagi mustahil untuk dicapai.

Tips Menjadi Penulis Sukses

Buat kamu yang ingin menjadi seorang penulis, alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Menyiapkan mental untuk memasuki dunia tulis menulis yang sejatinya memiliki persaingan yang cukup keras. Kesiapan mental sangat penting, terutama dalam menjaga konsistensi dalam menyiapkan waktu untuk menulsi, pemilihan metode penulisan, dan tempat yang asyik untuk menyalurkan ide menulis kalian.

2. Kontinuitas karya, maksudnya adalah berkarya dalam dunia tulis menulis yang berkesinambungan. Terus menerus, tidak hanya menulis lalu sudah tidak ada lagi karya-karya kamu yang lain. Jika demikian, kamu tidak dapat disebut sebagai penulis. Jadilah seorang penulis yang menulis dan mengeluarkan sebuah karya dan disusul dengan karya-karya tulisan yang lain yang secara kualitas lebih baik, lebih bagus dari karya-karya lainnya. Setidaknya kamu bisa mempertahankan kualitas menulis kamu sehingga tidak ditinggalkan oleh para pembaca setia karyamu.

3. Inovasi, sebuah inovasi terkadang diperlukan dalam kegiatan tulis menulis. Sebab setiap penulis harus mengembangkan kemampuannya dalam berinovasi untuk menghasilkan kebaruan dan kesegaran dalam karya-karya tulisan berikutnya.

4. Targetkan menulis karya yang akan menjadi best seller. Sebuah karya best seller memang baru bisa dikatakan best seller jika sudah dilempar ke pasaran, tapi kita juga bisa mengidentifikasi dari beberapa karya yang memang sempat menjadi best seller, sehingga dapat diketahui biasanya buku-buku apa yang menjadi best seller. Sebagai bahan referensi, biasanya buku best seller memiliki unsur penting yang bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan publik, menarik sehingga dapat merangsang para pembaca untuk membeli dan membacanya, bagus yang artinya telah digarap dengan serius setiap detailnya, dan yang terakhir adalah sedang dibutuhkan oleh masyarakat, artinya timing yang tepat saat buku tersebut diluncurkan ke pasaran.

Tips Menjadi Penulis Sukses

Nah, jika kamu sudah menguasai keempat hal diatas, maka kamu tidak diragukan lagi akan meraih kesuksesan dalam dunia tulis menulis. Selamat menulis!

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon