Saturday, June 21, 2014

Mengobati Amandel Dengan Bunga Pukul Empat

Mengobati Amandel Dengan Bunga Pukul Empat | Bunga Pukul Empat sebenarnya sudah tidak asing di mata penduduk Indonesia, hanya mungkin namanya yang asing. Sebab, kebanyakan orang diseluruh daerah Indonesia jarang mengenal nama Bunga Pukul Empat ini. Bunga Pukul Empat memiliki nama LatinMirabilis Jalapa L atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Four O’clock Plant. Di kawasan Indonesia sendiri Bunga Pukul Empat memiliki nama lain, yaitu Bunga Ashar, sebab pukul empat berarti menunjukkan waktu shalat Ashar bagi umat Islam. Nah, berhubung di Indonesia mayoritas muslim, nama Bunga Ashar ini menyebar dengan sendirinya.

Bunga Pukul Empat atau Bunga Ashar ini juga memiliki nama lokal atau nama-nama yang berbeda di setiap daerah di Indonesia, nama-nama tersebut diantaranya: Kederat, Segerat Tegerat (Jawa), Noja (Bali), Pukul Ampa (Minahasa), Bungan Tete Ampa, Bunga-bunga Parangghi (Makassar), Bunga-bunga Parengki (Bugis), Lore Laka (Timor), Kupa Oras (Ambon), Cako Rana (Ternate), Kembang Asar (Lampung), Kembang Pagi Sore, Kembang Pukul Empat, Bunga Waktu Kecil (Melayu).

Bunga Pukul Empat ini merupakan bungan berjenis tanaman hias. Bungan Pukul Empat ini baru mulai berbunga ketika menginjak usia pertumbuhan kurang lebih 3 bulan. Bentuk bunga dari tanaman Bunga Pukul Empat ini seperti terompet kecil, warnanya juga bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis bunganya. Warna bunga yang biasa terlihat adalah merah, putih, kuning, bahkan terkadang dalam satu pohon terdapat lebih dari satu warna bunga yang muncul

Bunga Pukul Empat ini memiliki batang pohon yang cukup tebal dan tegak, batangnya bersih tidak berbulu dan memiliki banyak cabang pada batangnya. Daunnya berbentuk seperti gambar hati namun berujung runcing, memiliki panjang kurang lebih 3 – 15 cm dan lebarnya antara 2 – 9 cm. Bunga Pukul Empat memiliki biji bunga kecil berkerut, jika sudah matang bijinya berukuran 8 mm dan berwarna hitam. Ketika biji bungan tersebut masih muda, warnanya hijau muda kemudian berubah menjadi hijau kehitam-hitaman. Tanaman Bunga Pukul Empat ini biasanya tumbuh liar tidak terpelihara.

Bunga Pukul Empat ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan kemudian sampai ke Indonesia. di Indonesia sendiri, bunga ini bisa dijumpai dimana-mana, karena bunga ini mudah beradaptasi dengan iklim tropis dan dapat tumbuh di semua daerah, dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Cara Mengobati Amandel


Bunga Pukul Empat ini memiliki khasiat sebagai anti inflamasi dan diuretik. Salah satu fungsinya adalah mengobati penyakit radang amandel dan penyakit radang prostat. Adapun ramuan yang bisa dibuat adalah sebagai berikut:

1. Sediakan 10 gram akar Bunga Pukul Empat segar

2. Air yang sudah matang secukupnya

3. Akar bunga tersebut bisa di blender bersama air yang sudah disediakan dan dibuat jus (boleh tambahkan madu)

4. Jika tidak, tumbuk halus akar bunga tadi kemudian seduh dengan air yang sudah matang, lalu peras dan ambil sari atau air perasannya, lalu diminum.

5. Atau gunakan cara yang terakhir, tumbuk halus akar bunga tadi kemudian campur dengan sedikit air lalu temple atau kompreskan pada bagian yang sakit.

Mengobati Amandel Dengan Bunga Pukul Empat


Nah, demikianlah khasiat dan manfaat dari Bunga Pukul Empat. Semoga bermanfaat artikel Mengobati Amandel Dengan Bunga Pukul Empat ini!

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon