Wednesday, August 21, 2013

Hubungan Antara Iman dengan Ibadah

Hubungan Antara Iman dengan Ibadah - Akidah (keimanan) mempunyai kaitan yang erat dengan Syariat (ibadah) dalam agama Islam itu di umpamakan sebagai pohon dengan buahnya. Dan di Antaranya itu terdapat hubungan, dengannya, Keimanan dapat mempengaruhi Ibadah atau sebaliknya, Ibadah dapat mempengaruhi Keimanan. Pada pembahasan pada kali ini, yang dimaksud dengan Akidah adalah keimanan atau keyakinan, sedangkan syarat adalah amaliah keagamaan seseorang. Dengan demikian, postingan pada kali ini merupakan pembahasan mengenai hubungan antara akidah dan syariat yang dimaksudkan adalah apa hubungan akidah dan syariat disampaikan sejauh mana keimanan dapat mempengaruhi Ibadah dan Sebaliknya.

Antara Iman dan Ibadah

Seseorang dapat dikatakan Muslim apabila telah mengucapkan dua kalimat syahadat. Keislamannya semakin sempurna apabila ia telah melaksanakan semua rukun Islam yang lima secara Baik dan Benar. Adapun yang di maksud dengan rukun Islam adalah mengucapkan dua kalimat syahadat :
Asyhadu anla ilaha illa Allah wa Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah
mendirikan shalat, puasa di bulan Ramadhan, membayar  zakat, dan berhaji ke Baitullah jika mampu untk melaksanakannya. 

Syahadat sebagai rukun Islam yang pertama, merupakan inti serta syarat pertama dari seseorang disebut sebagai Muslim. Syahadat mengandung unsur akidah , yaitu keimanan atau kepercayaan akan Allah dan kerasulan Muhammad SAW. Keyakinan (iman) itu selanjutnya menyebabkan keyakinan atau keimanan kita kepada adanya para malaikat, Rasul-rasul, dam kitab-kitab Allah. Selanjutnya keimanan itu pula melahirkan keimanan kepada hari kiamat dan qada qadar.

Sebagai penghubung antara Allah dan umat manusia, Malaikat, Rasul dan Kitab menyampaikan hukum-hukum tuhan sehingga Manusia dapat mengetahui dan mengenalnya. Keimanan yang baik dan benar harus diwujudkan melalui pengamalan hukum-hukum Allah. Keimanan tanpa pengamalan atau pelaksanaan hukum Tuhan yang diimani adalah kosong dan kebohongan. Pelaksanaan hukum-hukum Allah antara lain melaksanakan Rukun Islam seperti yang telah kami sebutkan tadi. Dengan demikian syahadat mempunyai keterkaitan yang teramat erat dengan Rukun Islam dan Rukun Iman yang enam. Meski syahadat diucapkan hanya dengan lisan, namun haruslah ditashdiqkan (dibenarkan) dalam hati serta dibuktikan dengan amaliah atau pelaksanaan, lebih tepatnya Ibadah.

Dari penjelasan diatas terlihat jelas bahwa Iman dan amalan Ibadah mempunyai hubungan yang sangat erat.Hubungan yang erat tersebut sehingga dalam Al-Quran penyebutan Amanuu (beriman) selalu diikuti dan tak terpisahkan dengan lafal wa'amilusshalihat (beramal saleh)

Lebih dari itu, antara iman dengan ibadah terdapat pula hubungan kausalitas (hubungan timbal balik atau sebab akibat), Makin tebal iman seseorang maka makin baik dan makin tinggi frekuensi ibadahnya. Makin baik dan makin sempurna ibdah yang dilakukan seseorang, maka makin mantap pula keimanan dalam dirinya.

Pelaksanaan ibadah yang dilandasi oleh keimanan yang terdapat dalam dada seseorangmukmin dapat memberikan dampak positif terhadap sikap perilaku seseorang Muslim. Sebagaimana yang difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Ankabut ayat 45 :
inna assholaata tanhaa 'ani ilfahksyaai wa almunkar
Artinya:sesungguhnya mengerjakan shalat (ibadah) itu  akan dapat mencegah seseorang dari melakukan kejahatan dan kemunkaran.

Ayat ini menjelaskan bahwa orang yang melaksanakan salat akan menjauhi diri dari perbuatan jahat dan munkar. Ini tentu, apabila seseorang melaksanakan salat dengan disertai iman, dan dilakukan dengan baik dan benar. Salat yang dilakukan dengan rasa keimanan alan mendekatkan diri atau jiwa seseorang kepada Allah. Kedekatan ini menimbulkan perasaan dan keyakinan bahwa ia selalu diawasi oleh Allah, karenanya, ia tidak akan melakukan perbuatan jahat lagi munkar.

Seseorang muslim yang tunduk dan patuh lahir dan batin kepada syariat yang telah digariskan oleh Allah karena di dalam diri dan jiwanya telah tertanam suatu kepercayaan (keimanan) yang kuat sangat kuat. Tidaklah mungkin seseorang patuh dan percaya kalaulah dirinya tidak percaya. Kepercayaan ini tidak  terwujud manakala ia  tidak patuh dengan sebenar-benarnya. Maka oleh karena itu, sifat orang muslim dan mukmin itu tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat dan saling mempengaruhi.

Orang rajin beribadah dan mengabdikan dirinya kepada Allah, imannya akan semakin kuat dan tangguh, sehingga tidak ada satupun yang dapat mempengaruhi apalai menggoyahkan keimanan dalam dadanya. Dengan kata lain, makin tebal iman seseorang, maka makin baik dan makin tinggi nilai ibadahnya. Makin tinggi dan makin banyak ibadah seseorang maka semakin kokoh imannya. Sebaliknya, semakin malas seseorang untuk beribadah maka makin tipis dan goyah keimanan seseorang.

Hubungan Antara Iman dan Ibadah

Demikian sedikit banyak pembahasan saya tentang tajuk iman dan ibadah. Sekedar pemberitahuan, pembaca yang budiman  kini  sedang membaca postingan ke 100 dari blog coretan binder hijau. Semoga bemanfaat dan dapat di amalkan dalam kehidupan pembaca semua, terlebih kepada diri saya sendiri. Ahir kalam tulisan Hubungan Antara Iman dengan Ibadah, Wassalam. 

1 komentar so far

Pertama kali di hubungan iman dengan ibadah

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon