Tuesday, December 3, 2013

Tips Memilih Kost Yang Nyaman


Tips Memilih Kost Yang NyamanTips Memilih Kost Yang Nyaman | Tak jarang sebagaian kita saat memilih kost sering kebingungan karenanya, mulai dari banyaknya pilihan rumah kost hingga bayang – bayang kehidupan baru beberapa bulan kedepan saat kita memilih salah satu kost tersebut.

Ini disebabkan, dengan kita memilih kost baru maka kita akan hidup dengan susasan baru, lingkungan baru dan tentangga yang juga baru juga sudah tentu aktivitas sehari – hari akan terasa berbeda dengan kehidupan sebelumnya di kost lama.

Hal yang paling menjengjelkan ketika kita sudah bingung memilih kost yaitu memakan waktu lama, hingga banyak aktivitas sehari – hari apalagi jika ternya rumah kost yang dipilih itu ternyata sama sekali tidak nyaman dan mendukung, nah tentunya hal ini sangat tidak di inginkan bukan?,

Tapi jangan bersedih dulu, karena disini kami akan sedikit memberikan beberapa tips dan trik yang semoga saja dapat membantu Anda dalam memilih kost tanpa harus bingung, dan tentunya aman dan nyaman.

Apa saja sih tips memilih kost yang aman dan nyaman itu?, ikuti terus ya tips berikut ini :

Pertama : Lokasi

Ini hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, yaitu lokasi, ada baikknya jika Anda dalam memilih kost itu tidak terlampau jauh dari dimana tempat Anda bekerja, belajar dan juga memenuhi kebutuhan hidup, seperti belanja.

Jika anda seorang mahasiswa maka pilihlah kost yang dekat dengan kampus, karena ini akan menghemat waktu anda dalam menempuh perjalanan sehari – hari dalam ngampus. Namun jika anda memilih untuk dekat tinggal dengan kampus misalnya karena dengan alasan lain, maka kami menyarakan, carilah kost yang jarak tempuhnya tidak macet.

Yang tak kalah penting adalah memilih kost strategis, dimana anda dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari tidaklah sukar, seperti dekat dengan supermarket atau warung yang lengkap, masjid atau mushalla, apotik dan rumah makan. Dengan memilih tempat kost yang strategis ini pastinya akan membuat kehidupan anda di kost yang baru akan tersasa nyaman.

Kedua Harga

Wah yang ini pasti tidak ada yang menyangkal kan?, kecuali mereka yang memang memiliki recehan berlebih maka ini bukan menjadi masalah. Namun, kalau ada yang murah dan nyaman kenapa memilih yang mahal.

Seberapun harganya, pastikan itu sesuai dengan kondisi keuangan, karena bila memaksakan ini akan menyulitkan anda kedepannya, seperti harus menyita lebih uang jajan demi membayar kost, nah tentunya sangat tidak di inginkan bukan?

Tak hanya soal harga, namun cara pembayarannya juga harus diperhatikan, karena kadangkala suatu rumah kost memsang tarif perbulan, perdua bulan, hingga setahun. Maka pikirlah matang – matang terlebih dahulu dan negosasikan kepada pemilik kost sekiranya dalam model pembayaran sewa kost ini tak memberatkan Anda.

Masih dalam harga, biasanya dalam menyewa rumah kost, biaya lain yang tak kalah penting itu ada, seperti biaya listrik, biaya air, internet, dan fasilitas lainnya yang berbayar, maka anda harus juga mengukur dimana batas kemampuan keuangan Anda. Tips nya pilihlah yang memang sangat anda butuhkan, jika tidak, maka tinggalkan. 

Ketiga Kondisi Kamar

Kondisi kamar pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi kamar. Apakah itu dekat gerbang depan, dekat tangga, menghadap kebun atau yang lainnya. Pilih kamar sesuai selera anda. Jika anda ingin praktis, kamar yang dekat dengan gerbang depan mungkin dapat menjadi pilihan.

Tetapi untuk mendapatkan situasi dan suasana yang tenang, sebaiknya pilih yang tidak terlalu dekat dengan area umum yang sering digunakan bersama.

Perhatikan juga kondisi kamar, apakah sudah terfasilitasi dengan mebel kamar atau belum. Pertimbangan apakah cukup memuat barang-barang anda hingga apakah semua mebel dalam kamar masih berfungsi. Lihat pula apakah kamar memiliki ventilasi yang cukup hingga sirkulasi udara pun lancar.



kemempat Suasana Rumah Kost

Disini Anda dapat menilainya sendiri dengan sesuai kreteria suasan yang nyaman bagi Anda, mulai dari pemilik kost, tentangga, securty aka satpam. Tips nya, suatu lokasi yang nyaman biasanya itu akan terlihat dari keadaan sekitar, seperti hiruk pikuk masyrakat dan yang paling menonjol adalah kebersihan.

Jika suatu kost itu terlihat bersih, maka sudah dapat dipastikan bahwa kost tersebut memang memiliki suasan nyaman. Karena kebersihan biasanya membuat fikiran juga menjadi bersih, begitu juga dengan suasananya. 

Kelima Keamanan

Keamanan?, ya ini yang wajib terpenuhi. Nah bagaimana cara menentukan suatu keadaan rumah kost – kostan itu aman. Maka jawabannya yaitu dengan cara bertanya, seperti kata pepatah malau bertanya sesat dijalan. 

Maka, sebelum memilih kost tersebut ada baiknya jika Anda menanyakan kepada warga sekitar yang sudah lama tinggal disitu , apakah kost tersebut itu aman. Keamanan tak hanya sebatas dari pencuri, namun juga aman dari hal yang tidak di inginkan lainnya, seperti banjir misalnya. Dengan banyak bertanya maka akan membantu anda.

Setelah mengetahui lewat bertanya, maka pastikan kondisi rumah kost tersebut mendukung keamanan, seperti kunci yang lengkap dan kuat, tak ada engsel yang rusak, terali pada jendela dan pintu, serta gembok atau alat kunci lainnya.
=======================

Sekiranya, 5 hal diatas tadi itulah yang menurut kami penting dalam menentukan dan memilih kost yang nyaman, selebihnya bisa Anda tentukan sendiri bagaimana ke amanan dan ke nyamanan itu menurut anda, kalau bisa beri komentar ya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon