Saturday, September 28, 2013

Tips dan Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami

Tips dan Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami - Infeksi didalam mulut yang disebabkan oleh jamur candida itulah sariawan. Jamur candida penyebab sariawan ini tak hanya terjadi dimulut saja, namun bisa juga meyerang ke bagia tubuh lainnya. Pastinya, siapapun itu yang terkena sariawan akan merasa kesakitan didalam mulut, seperti rasa perih dan susah mengunyah bahkan bicara.

cara mengatasi Sariawan

Cara Mengatasi Sariawan


Sariawan sendiri bisa menyerang siapa saja, baik anak kecil hingga orang yang sudah tua. Sariawan menyerang terutama kepada orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Adapun beberapa penyebab sariawan bisa kita simpulkan sebagai berikut :

Penyebab terjadinya Sariawan :


Sejumlah jamur candida dalam mulut biasanya tidak akan menggaanggu karena telah disetelirkan oleh bakteri atau mikroorganisme hidup yang Di dalam mulut dan kului yang sehat

Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan jamur candida dalam mulut ini dapat menyebabkan penyakit, seperti stres dan obat-obatan seperti kortikostoreid dan pil KB yang menyebabkan kesimbangan jamur candida dalam mulut menjadi tidak seimbang, ahirnya terjadilah sariawan.

Penyebab lainnya adalah penyakit atau kondisi medis seperti penyakit diabetes, infeksi HIV, kanker, mulut kering, gigi berlubang dan kehamilan. Perempuan yang hamil mengalami perubahan hormonal sehingga tubuh mudah terserang jamur candida.

Mereka yang merokok atau memakai gigi palsu yang tidak pas juga beresiko terkena sariawan. Selain itu, bayi dapat menularkan kepada ibunya melalui proses menyusui.

Gejala Karena Sariawan :

Sariawan bisa terjadi kapan saja, bila telah mengendap lama sariawan ini dapat menjadi penyakit kronis dalam waktu relatif lama. Secar umun, tanda-tanda sariawan yaitu dengan munculnya putih krem luka kecil dalam mulut, gholibannya terjadi dibibir, pipi bagian dalam dan lidah.

Selaian itu, sariawan juga kadang-kadang di tandai dengan luka-luka kecil timbul pada langit-langit mulut, gusi, belakang tenggorokan atau amandel. Biasanya luka kecil yang terkena sikat gigi akan terkikis dan dan berdarah.

Bila sudah parah, maka sariawan ini akan menyebar ke bagian kerongkonga sehingga mengakibatkan :

  • Kesulitan menelan karena rasa nyeri dalam mulut.
  • Bila stelah makan, maka akan tersa seperti ada makanan yang mengganjal di keongkongan bagian tengah. 
  • Bila infeksi sudah menyebar, maka akan tersa demam.

Tak sampai disitu saja,  sariwan yang terjadi kepada penderita kanker, kondisis siste tubuh yang lemah dan HIV dapat menyebar kebagian hati, kulit dan paru-paru. Langkah terbaik untuk mendeteksi terjadinya sariawan sebelum menjadi parah, sebaiknya untuk memeriksakan mulut ke dokter gigi.\

Pemeriksaan secara teliti dengan menggunakan mikroskop pada jaringan luka kecil tersebut dapat memastikan diagnosis sariawan. Jika sariawan berada di bagian dalam tubuh, seperti kerongkongan maka pemeriksaan dengan menggunakan sinar X bisa dilakukan.

Mengobati sariawan dan mencegahnya :

Dalam mengobati sariawan biasanya dapat dilakukan dengan memberikan obat anti jamur, biasanya berbentuk lozenges, tablet dan cairan  yang dikonsumsi selama 10-14 hari.

Untuk mencegah sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan, berikut hal-hal yang dapat dilakukan:

  • Perhatikan kebersihan mulut. Sikat gigi minimal dua kali sehari. Hindari obat kumur atau semprotan karena produk ini dapat merusak keseimbangan mikroorganisme dalam mulut Anda.
  • Konsultasi ke dokter gigi secara teratur, terutama jika Anda memiliki penyakit diabetes atau memakai gigi palsu.
  • Batasi jumlah gula dan makanan  yang mengandung ragi . Makanan seperti roti, bir dan anggur mendorong pertumbuhan Candida.
  • Jika Anda merokok, berhentilah. Jika sulit berhenti, konsultasikan ke dokter cara menghentikan kebiasaan tersebut.

 Tips dan Cara Mengatasi Sariawan 

Itulah beberapa hal yang dapat Anda dalam menangani masalah sariawan berupa Tips dan Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami. Yang pasti, menjaga kebersihan mulut merupakan syarat wajib agar tidak terjadi sariawan. Seperti yang telah dikatakan oleh Rasulullah melalui hadisnya,

Annazhofatu min al-imaan
Kebersihan adalah sebagian dari iman, tak sekedar menumbuhkan iman, kebersihan adalah induknya dari kesehatan. Tak terkecuali kebersihan dalam mulut, agar mulut menjadi sehat bebas dari segala macam penyakit sepertia sariawan.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan seputar sariawan. Selamat mencoba !