Monday, July 1, 2013

Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehidupan Sehari-hari

Tags

Pada postingan Artikel Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehidupan Sehari-hari kali ini, saya berangkat dari fenomena kondisi udara di Riau yang beberapa hari lalu penuh di kerubungi asap, tak hanya di Riau saja, namun asap tersebut sampai ke Negera tetangga, Singapura dan Malaysia. Sehingga membuat saya yang berdomisili di Kota Pekanbaru Riau merasa prihatin terhadap kondisi yang tak hanya sekali terjadi di Riau ini, dengan lahan hutan melimpah ruah yang seharusnya bisa menjadi paru-paru kesehatan kehidupan bermasyrakat, namun kurangnya kesadaran terhadap pentingya udara bersih bagi kehidupan inilah salah satu yang menyebabkan kenapa Udara yang tercemar karena Asap itu terjadi. Maka dari sini saya sedikit membuat coretan mengenai pentingnya udara bersih itu.

Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehidupan Sehari-hari
Kebakaran Hutan Riau

 Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehidupan


  • Manfaat Udara Segar Bagi Tubuh Manusia

Tuhan menciptakan kita sebagai mahluk yang memiliki berbagai kelebihan, anugerah terbesar yang kita miliki saat ini adalah memiliki tubuh yang sehat dan segar. Dan salah satu bahan bakar tubuh manusia adalah udara atau oksigen, manusia takkan mampu hidup tanpa adanya oksigen dalam tubuh. Kita juga sangat bergantung terhadap udara, udara seperti apa yang sangat dibutuhkan tubuh kita,? Tentu udara yang segar yang memiliki kandungan O2 yang tinggi. Dan tentu itu semua bisa kita dapatkan dengan berada di lingkungan yang bersih dan segar. Manfaat udara sangat besar sekali bagi tubuh kita, karena semua bagian dan organ tubuh kita sangat membutuhkan udara atau oksigen, seperti kulit, otak, jangtung dan organ lainnya, dan semua itu tidak akan mampu bekerja secara normal tanpa adanya udara yang masuk kedalam tubuh.

Faktor lingkungan hidup juga sangat berpengaruh terhadap terciptanya udara segar yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, kita juga ketahui bahwa terciptanya udara yang segar sudah sejak kita lahir kedunia, memang sudah ada, bukan manusia yang meciptakan udara tersebut, tapi tuhan yang telah memberikan kepada kita yang memang menjadi kebutuhan kita. Dan sebenarnya tugas kita adalah hanya menjaga dan melestarikan udara segar agar tetap ada dan bisa kita nikmati. Tapi semakin era dunia berkembang, kesegaran dan kebersihan udara semakin kecil jumlahnya, apalagi di daerah perkotaan, mungkin kita akan kesulitan mendapatkan supply udara bersih untuk tubuh kita. Kendaraan-kendaran yang jumlahnya makin meningkat tanpa kita sadari mulai mencemari udara yang sudah sejak dulu tuhan anugrahi kepada kita, polusi udara sudah menyebar keseluruh penjuru dunia,karena factor perkembangan teknologi. Tapi bukan berarti kita tidak bisa mengembalikan udara bersih seperti dulu lagi, kita masih bisa menciptakan dan mengembalikan udara segar yang dibutuhkan untuk kehidupan dan tubuh kita dengan cara tetap melestarikan lingkungan dan menjaganya tetap asri.

Mengembalikan udara Bersih pada Lingkungan

Hidup diperkotaan memang sangat sukar untuk mendapatkan pasokan udara bersih yang kita butuhkan, beda halnya jika kita berada di daerah pedesaan. Faktor apa sebenarnya yang membuat kurangnya udara bersih pada lingkungan kita?. Untuk mengembalikan udara yang bersih bukanlah hal yang mustahil untuk di lakukan, semua yang kita miliki dulu (udara bersih) kini hampir musnah karena tertimpa oleh polusi udara, dan itu semua tentu bisa kita kembalikan seperti dulu lagi. Dan yang menyebabkan kurangnya udara bersih di dearah perkotaan adalah :

a. Kurangnya pepohonan hijau 
Pohon merupakan salah satu factor terpenting terciptanya udara yang bersih, karena kita ketahui bahwa sifat pohon adalah menghasilkan atau mengeluatkan oksigen yang berkebalikan dengan kita, jika kita mengeluarkan karbon dioksidan dan menghirup oksigen maka pohon merupakan benda yang seharusnya hidup berdampingan dengan kita agar terciptanya udara yang bersih dan segar.

b. Kebersihan Air
Air juga sangat penting dalam terciptanya kesegaran/kebersihan udara, karena air bersih juga bisa menghasilkan oksigen dan memberikan nutrisi bagi tumbuhan yang akan menghasilkan udara yang bersih. Tapi sayangnya untuk mendapatkan air bersih saat sekarang ini sangat sulit, sungai-sungai sudah tercemari oleh limbah-limbah pabrik yang banyak mengandung zat-zat kimia yang bisa membunuh kejernihan air

c. Asap kendaraan bermotor
Kendaran merupakan alat transportasi yang kita gunakan saat ini, namun dibalik kemudahan yang kita rasakan tanpa kita sadari sesuatu telah direnggutnya, yakni udara segar, yang lambat laun akan hilang dan mulai dipenuhi oleh asap-asap kendaraan yang notabene nya mengandung zat beracun bagi tubuh kita.

Kesimpulan Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehidupan Sehari-hari

Jadi intinya agar tetap terciptanya udara segar dan bersih dalam lingkungan kita, maka hendaknya kita meminimalkan penyebab-penyebab diatas, seperti kita ajak masyarakat untuk melakukan penghijauan lingkungan dengan menanam pepohonan dipinggir jalan, dan melakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan air disekitar kita agar terciptanya air bersih yang akan menghasilkan udara bersih pula. Dan yang terakhir mengurangi penggunaan kendaraan yang akan mencemari atau mengakibatkan polusi udara, yakni dengan cara memanfaatkan kendaraan umum, ini bertujuan untuk mengurami volume kendaraan di jalan raya. Kerana semakin banyak jumlah kendaraan maka akan semakin meningkatlah jumlah gas beracun yang di timbulkannya, yang lama kelamaan akan mengalahkan oksigen dan membuat kita akan kehilangan udara bersih dan segar.

Demikian, Artikel postingan yang bertajuk Pentingnya Udara Bersih Bagi Kehiduan Sehari-Hari. Semoga coretan ini akan menambah kesadaran dan wawasan kita. Karena dengan udara yang sehat inilah salah satu syarat untuk terciptanya kesehatan. Wassalam.

Ada baiknya jika anda mau meninggalkan kritik dan saran, Demi meningkatkan Blog ini. Namun jangan pernah untuk mencoba meninggalkan jejak spam anda disini.
EmoticonEmoticon